Adirozal Melawan Kemendagri, Dandi Pranata Desak Dewan Kerinci Gulirkan Opsi Pemakzulan

 


Kerisjambi.id - Sikap pembangkangan Adirozal terhadap Kemendagri memantik reaksi dari banyak kalangan. Reaksi keras datang dari Dandi Pranata, Mantan Ketua PC IMM Kabupaten Kerinci. Dandi bahkan mendesak DPRD Kabupaten Kerinci segera menggulirkan opsi pemakzulan.


"Sudah sepatutnya Adirozal dimakzulkan. Sikapnya sebagai Bupati telah merugikan masyarakat Kerinci, baik materil maupun non materil," kata Dandi Pranata.


Masyarakat Kerinci mengalamai kerugian materil karena sikap Adirozal itu telah menyebabkan Kemendagri memutus jaringan kependudukan. Akibatnya, banyak masyarakat Kerinci terhambat dalam mengurus administrasi kependudukan.


"Padahal, administrasi kependudukan seperti KTP merupakan prasyarat utama untuk mengurus usaha dan urusan-urusan lainnya. Gara-gara masalah ini, banyak masyarakat yang dirugikan,"jelasnya.


Selain itu, sikap Adirozal sebagai Bupati telah memperburuk citra Kerinci di mata pemerintah pusat. Sejumlah tokoh Kerinci perantauan sempat di telepon Kemendagri dan merasa malu dengan sikap Adirozal.


"Ada beberapa tokoh Kerinci perantauan, seperti Jonni Mardizal, Danpuspom Nazali Lempo yang merasa malu dan miris melihat sikap Adirozal. Makanya, sudah selayaknya DPRD menggulirkan pemakzulan," tegasnya.(*)