KI Jambi Usulkan Desa Tambang Emas Merangin jadi Desa Informatif ke Tingkat Nasional

 

Kerisjambi.id - Wakil Ketua Komisi Informasi Provinsi didampingi oleh Siti Masnidar,Zamharil dan Ahmad Taufiq Helmi ( ATH) pada hari Selasa (1/10/22) mengunjungi Desa Tambang Emas Kec.Pamenang Kab.Merangin.

Almmunawar Ketua Komisi Informasi menyampaikan bahwa kunjungan ini dalam rangka meninjau secara langsung Desa Tambang Emas sebagai salah satu desa yang telah diusulkan oleh Komisi Informasi Jambi untuk mengikuti lomba Apresiasi Desa Keterbukaan Infomasi Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi Pusat.

Sementara itu Siti Masnidar Selaku Koordinator Kelembagaan sekaligus yang mengkoordinir kegiatan Evaluasi Apresiasi Desa menyampaikan bahwa kegiatan Evaluasi dan Apresiasi Desa dalam Implementasi Keterbukaan Informasi Publik ini merupakan kegiatan Komisi Informasi untuk melihat sejauh mana desa berperan aktif dalam keterbukaan informasi dengan sistem masing-masing.

"Adapun Desa Tambang Emas ini merupakan satu-satunya desa yang kita usulkan dari beberapa desa yang telah direkomendasikan oleh Dinas P3AP2 Provinsi Jambi beberapa waktu lalu," katanya.

Ia mengatakan dipilihnya desa ini menimbang usulan dinas yang membidang desa serta kesediaan desa untuk memenuhi syarat dengan mengisi kusioner dari pusat.

Saat ini ada sekita 90 desa Se-Indonesia yang mengikuti ajang perlombaan ini dan nanti akan di pilih sepuluh Desa terbaik. "Kami hanya mengusulkan satu desa, beberapa provinsi lain ada yang tiga dan lima," katanya.

Sementara Juarno Kades Desa Tambang Emas Kec.Pamenang Selatan Kabupaten Merangin ini menyampaikan bahwa jika dirinya telah mengisi seluruh kusioner yang telah disampaikan oleh Komisi Informasi.

"Harapan kami Desa Tambang terpilih dan masuk ke dalam sepuluh besar tersebut. Adapun

salah satu inovasi keterbukaan informasi dari Desa Tambang Emas adalah memberikan layanan secara online pengurusan surat-surat. Jadi masyarakat bisa mengisi secara online mengurusi surat-surat melalui layanan apalikasi yang tersedia .tuturnya