Membahas Indonesia Emas, Ada Pesan Khusus MENKO PMK Untuk HMI Pasca Menghadiri Kegiatan Sekolah Instruktur Ideopolitorstratak BPL PB HMI 2023

 

Kerisjambi.id - Generasi muda Indonesia adalah kunci dalam menjemput Indonesia Emas 2045 mendatang. Karena pada tahun 2045 Indonesia berusia 100 tahun dan diperkirakan menjadi negara maju dan sejajar dengan negara-negara lain. Walaupun momentum bersejarah tersebut masih sekitaran seperempat abad lagi, namun generasi muda harus dipersiapkan dari tahun sekarang supaya memperoleh kematangan dalam mengelola Indonesia pada tahun 2045 kelak.

Momentum mengisi stadium General Sekolah Instruktur Ideopolitorstratak BPL PB HMI, Prof. Muhadjir Effendy menerangkan bahwa generasi yang mengisi indonesia emas tahun 2045 adalah generasi muda Indonesia yang lulusan Sarjana dan usianya kisaran 20 tahunan.

“Tentunya yang hadir pada kesempatan hari ini adalah mahasiswa dan mahasiswi pilihan dan memiliki disiplin jurusan yang berbeda.  Karena seingat saya kegiatan-kegiatan HMI selalu membuka ruang partisipasi mahasiswa islam lintas disiplin jurusan maupun lintas wilayah, asalkan dia kader HMI” ujarnya.

“Menegaskan bahwa Indonesia 2045 sudah pasti menjadi panggung kalian, akan diisi oleh kalian mahasiswa-mahasiswi yang usia 20-an. Karena pada tahun 2045 kalian akan berada pada puncak karier profesional berdasar disiplin jurusan masing-masing. Usia yang tepat juga untuk generasi muda melakukan akselerasi serta inovasi dalam membangun negara” lanjutnya.

Lebih lanjut, Prof. Muhadjir Effendy yang juga merupakan mantan ketua umum HMI Cabang Malang 1980, menyatakan peserta yang mengikuti sekolah instruktur ideopolitorstratak akan menjadi figur dalam menentukan formulasi dan arah gerak HMI baik yang bersifat internal maupun eksternal, bersifat khusus maupun global dan lainnya melalui perkaderan. Dilaksanakannya Sekolah Ideopolitorstratak tidak hanya terhenti pada pemberian pemahaman konsep Ideologi dan politik, melainkan peserta harus mampu menformulasikan Strategi dan Taktik yang bisa diterapkan dalam mewujudkan generasi muda bi#lksusus kader HMI yang unggul mengisi Indonesia 2045 kelak. 

Pesan Khusus Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.Ap  untuk kader HMI adalah “HMI Terus melahirkan kader-kader terbaik dengan senantiasa mewujudkan HMI” Pungkasnya.

“Senantiasa mewujudkan tujuan HMI dalam menciptakan insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan islam, serta bertanggungjawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT” Lanjut beliau sebelum mengakhiri Stadium General.

Melahirkan gagasan-gagasan baru dan memiliki daya jual adalah ciri seorang kader HMI. Oleh karenanya lewat Sekolah Instruktur Ideopolitorstratak ini kalian semua harus mampu melahirkan gagasan-gagasan bagus, baru dan memiliki daya jual serta daya saing. Indonesia emas 2045 perlu dijemput bersama, melalui apa.? Tentunya melalui agenda-agenda pematangan sumber daya manusia, seperti Sekolah Ideopolitorstratak ini” ujar beliau sekaligus menutup stadium general nya.